Total Tayangan Halaman

Jumat, 08 September 2017

Kebakaran Di Jakarta timur Disebabkan Oleh Api YAng Menimbulkan Asap Hitam


Memasuki musim kemarau,‎ tentunya berpengaruh pada meningkatnya jumlah kasus kebakaran yang terjadi di DKI Jakarta dan berdampak kerugian. Tercatat, di tahun ini Jakarta merugi hingga milyaran rupiah. Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) DKI Jakarta mengimbau warga untuk lebih waspada‎.

Kepala Dinas Damkar DKI Jakarta Subejo mengatakan nilai kerugian itu dihitung sejak Januari hingga Juni 2017.‎ Dinas Damkar mencatat ada 62 kasus kebakaran pada periode 27 Mei sampai 9 Juni. Total kerugiannya mencapai Rp16,18 miliar. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 54 insiden kebakaran dengan kerugian sebesar Rp13,78 miliar.

"Objek kebakaran yang paling banyak bangunan perumahan. Sisanya, bangunan umum perdagangan, bangunan industri, kendaraan, instalasi luar gedung, lapak, dan sampah," paparnya di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Penyebab utama kebakaran ialah hubungan pendek arus listrik (korsleting) dan kebocoran gas. "Kapan pun kita harus waspada soal kebakaran. Musim kemarau itu juga rawan," kata dia.

Subejo mengungkapkan, daerah yang paling merugi akibat kebakaran ialah Jakarta Utara. Meski jumlah kebakarannya selisih satu di bawah Jakarta Timur, kerugian dari 15 kasus ditaksir mencapai Rp12,48 miliar. Sebanyak 160 kepala keluarga di lahan seluas 4.490 meter persegi terdampak kerugian.

"Kita tahu bahwa Jakarta Utara padat sekali dengan bangunan semi permanen sehingga kebakaran lebih cepat menjalar. Di kampung padat itu juga sering terjadi pencurian listrik," ujar dia.

Korsleting Listrik

Disisi lain, dari periode Januari hingga 29 Agustus, kejadian kebakaran di wilayah Jakarta Pusat mencapai 98 kasus. Kejadian paling banyak diduga karena korsleting listrik.

Dalam kejadian kebakaran tersebut, Kecamatan Senen menduduki peringkat pertama sebanyak 23 kejadian, kemudian Kecamatan Gambir 14 kejadian, Kecamatan Tanah Abang dan Johar Baru sebanyak 13 kejadian, Menteng 12 kejadian, Sawah Besar sembilan kejadian, sementara Cempaka Putih dan Kemayoran tujuh kejadian.

"Hubungan arus pendek instalasi listrik dan peralatan listrik paling mendominasi dalam kasus kebakaran, sebanyak 68 kejadian. Kalau penyebab kompor 12 kasus sisanya lain-lain," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, ‎Hardisiswan di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Hardisiswan mengimbau, agar warga lebih waspada mengingat ini memasuki musim kemarau. Dan biasanya menyebabkan frekuensi kebakaran mengalami peningkatan. "Biasanya frekuensi kebakaran meningkat di musim kemarau. Kalau ada kejadian kebakaran langsung hubungi call centre Siaga 112," tandasnya.

Sigap Tata Kawasan

Pengamat tata kota Universitas Trisakti Nirwono Joga menilai Pemprov DKI Jakarta harus membuat peta kawasan rawan kebakaran. Untuk memutus mata rantai kebakaran, dia pun menyarankan pemprov untuk memeriksa kembali peruntukkan kawasan padat berdasarkan aturan tata ruang.

"Jika sudah sesuai, segera lakukan penataan kawasan permukiman dan perumahan yang lebih baik. Kalau tidak sesuai, harus direlokasi dan kembali ke fungsi semula kawasan sesuai dengan peruntukannya," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Pengamat Lingkungan, JJ Rizal, menilai, kebakaran yang terjadi merupakan sebuah bentuk kurangnya antisipasi aktif dari pihak Pemprov DKI. Selain itu menurutnya, ditengah datangnya musim kemarau saat ini Pemprov DKI dituntut untuk mengurangi tingkat kebakaran yang terjadi saat ini.

"Kebakaran itu seperti ada musimnya. Dan Pemprov DKI sendiri tak dapat mengelolanya dengan baik," ujar JJ Rizal saat dihubungi di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Ia menambahkan, insiden kebakaran yang terjadi di Pasar Gembrong merupakan salah satu bukti kurangnya peran aktif pihak dinas terkait di Pemprov DKI. "Disinilah sebenarnya peran Pemprov seharusnya," ungkapnya.

Rizal menilai, pihak Damkar harus lebih aktif dalam mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran yang terjadi.

Dirinya juga mencontohkan, kebakaran yang sering terjadi di wilayah Tambora. Menurutnya, kebakaran yang sering terjadi di Tambora juga merupakan bentuk ketidaksiapan Pemprov DKI (Damkar) dalam menanggulangi kebakaran. Hal ini, lanjut Rizal, kebakaran kerap terjadi di wilayah tersebut.

"Dinas Damkar harus dapat antisipasi, terlebih mengingat datangnya musim kemarau. Antisipasi dalam bentuk persiapan para satuan pemadam kebakaran, maupun bentuk sosialisasi ke masyarakat. Di kampung-kampung itu kan ada satgas kebakaran. Nah, Pemprov harus maksimalkan peran para satgas tersebut. Satgas harus dididik, diarahkan guna menanggulangi kebakaran. Selain itu pemeriksaan rutin juga diperlukan," terangnya.

(Harian Terbit/Sammy)

http://www.harianterbit.com/m/megapol/read/2017/09/08/86581/0/18/Warga-Diminta-Waspada-Kemarau-Tiba-Bencana-Kebakaran-di-DKI-Meningkat

Hashtags for #kebakaran in Instagram, Twitter, Facebook, Tumblr, ello



 Prev
Next
Copy
#kebakaran #polri #tngr #gunungrinjani #klhk #kementerianlhk #karhutla #instagunung #gunungindonesia #exploreindo #kamuharustau #indozone #indonesia #jakarta #medan #surabaya #bandung #jogja #makassar #bali #aceh #papua #kalimantan #sulawesi #video #indovidgram #love #instagood #photooftheday #tbt
Copy
#cute #instadaily #followme #happy #follow #selfie #picoftheday #truk #penampakan #hellowen #halloweenmakeup #ngeri #kuntilanak #pocong #dunialain #ukauka #kecelakaan #gost #crash #mobil #terbakar #car #burn #tol #jalan #medanreview #ownid #beritamedan #news #pakdamkarmedan

Copy
#kiacarnival #jawapos #damkarcimahi #cimahi #infocimahi #berita #rumah #jakartabarat #listrik #musibah #sukses #baksos #sumbangan #pedulikasih #pedulisesama #kebayoranlama #alhamdulillah #berduka #persaudaraan #viral #korban #anakbaik #pln #firefighter #sedekah #tabunganakhirat #baktisosial #berbagi #muslimatnu #kebonpala
Copy
#jatinegara #indonesiayuk #siaran #radio #radiobandung #indonesialagi #lahan #sumsel #35mm #film #peduli #share #help #donation #refugees #needhelp #sesama #pltd #mataram #lombok #photography #photographer #photographyindonesia #sonycamera #teleconverter #macrolens #shutterspeed #wideanglelens #photographie #sijagomerah
Copy
#api #bantuankebakaran #bantuankemanusiaan #bokeh #camerađź“·

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERGABUNG BERSAMA BLOGGER DAN E-P MARKETING PALING TOP

@tokoarb - WEBSTA